6 Suplemen Terbaik untuk Kulit Cerah

Siapa yang tidak ingin memiliki kulit bercahaya dan rambut indah? Mungkin Anda sudah melakukan berbagai hal untuk mendapatkannya, dari perawatan salon hingga mengatur pola makan yang baik. Namun, apakah Anda masih menemukan bintik-bintik kulit kering, bibir pecah-pecah dan rambut kusam? Mungkin Anda bisa mencoba suplemen untuk kulit berikut.

6 Suplemen Terbaik untuk Kulit Cerah

Anda bisa mempertimbangkan untuk mengambil suplemen. Suplemen dapat membantu Anda memenuhi kebutuhan nutrisi Anda, sehingga mereka baik untuk kesehatan Anda, termasuk kulit dan rambut yang sehat. Ada beberapa suplemen kulit yang harus Anda konsumsi, apa sajakah itu?

1. Biotin
Biotin adalah vitamin B yang meningkatkan kesehatan kulit, saraf, saluran pencernaan, dan metabolisme. Suplemen yang mengandung biotin dapat membantu mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan pertumbuhan kuku.

Biotin ditemukan dalam beberapa makanan, seperti selai kacang dan pisang. Dosis yang disarankan dari asupan biotin adalah 35 mikrogram per hari, yang mungkin Anda dapatkan secara otomatis dalam makanan Anda.

2. ekstrak pakis
Mungkin Anda sudah terbiasa dengan pakis. Ternyata ekstrak nabati dapat digunakan untuk menjaga kesehatan kulit. Ya, ekstrak pakis telah dipelajari selama hampir 20 tahun karena kemampuannya untuk meremajakan kulit.

Sebuah penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa ekstrak pakis dapat melindungi kulit dari radiasi UV. Suplemen kulit ini juga dapat digunakan untuk mengobati masalah kesehatan seperti eksim, psoriasis, dan vitiligo.

Selain itu, suplemen yang mengandung ekstrak pakis telah terbukti memiliki efek antiinflamasi yang penting pada jaringan kulit. Tanyakan kepada dokter Anda dosis yang tepat jika Anda tertarik mengonsumsi suplemen yang mengandung ekstrak pakis. Secara umum, dosis suplemen akan tergantung pada berat masing-masing orang.

3. Besi
Tanpa zat besi, rambut Anda akan terlihat kusam, tipis dan kering. Dengan demikian, mineral ini dianggap sebagai suplemen kulit. Apalagi jika asupan zat besi dalam tubuh tidak memadai, kuku menjadi rentan terhadap rapuh dan mudah patah. Mineral ini juga berperan dalam mengaktifkan vitamin B dalam tubuh, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah.

Tidak sulit mendapatkan zat besi. Anda dapat menemukannya di berbagai makanan seperti sayuran berdaun hijau gelap, kacang-kacangan, daging sapi, ayam dan makanan laut. Namun, konsumsi zat besi yang berlebihan dan pengawasan akan menyebabkan kerusakan pada struktur kulit, seperti efek radikal bebas.

Karena itu, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum mengambil suplemen kulit dan rambut.

4. Asam lemak omega
Kandungan omega 3 pada ikan seperti salmon, sarden, dan makarel bermanfaat untuk mengatur produksi minyak dan membantu menjaga kelembaban di kulit. Selain itu, nutrisi ini juga dapat menunda proses penuaan kulit sehingga dapat mencegah keriput.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 mengungkapkan bahwa EPA, yang merupakan jenis omega-3, mampu melindungi sinar UV yang telah membuat kulit kusam dan berkerut.

Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat membuat rambut lebih cerah, mencegah rambut kering dan menyehatkan kulit kepala. Pastikan untuk mengonsumsi suplemen omega-3 berdasarkan kebutuhan nutrisi harian (RDA) yang direkomendasikan, 600 mg DHA per hari. Namun, jika Anda memiliki riwayat gangguan mood, alergi ikan, diabetes atau tekanan darah tinggi, Anda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

5. Vitamin C.
Suplemen lain untuk kulit dan rambut adalah vitamin C. Vitamin ini dapat meningkatkan pertumbuhan rambut, membantu menghilangkan ketombe, menghentikan kerontokan rambut, sehingga dapat membuat rambut tampak lebih tebal.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2013 mengungkapkan bahwa seseorang yang rajin mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C dan E, kulitnya akan terlihat lebih cerah hanya dalam waktu 4 bulan.

Berapa banyak suplemen vitamin C yang harus Anda konsumsi setiap hari tergantung jenis kelamin Anda. Wanita berusia 19 tahun atau lebih harus mengonsumsi 75 g suplemen vitamin C setiap hari, sementara pria berusia 19 tahun atau lebih hanya mengonsumsi 19 g per hari.

Namun, perlu diketahui bahwa vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi, sehingga bisa menjadi masalah bagi orang dengan hemochromatosis dan bagi orang dengan penyakit zat besi yang berlebihan.

6. Vitamin E
Sama seperti vitamin C, vitamin E adalah vitamin yang kaya antioksidan, sehingga dapat membantu melawan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas yang dapat menyebabkan pembentukan garis-garis halus.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2010 menyatakan bahwa pria mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin E, rambutnya tumbuh lebih subur daripada pria yang menggunakan plasebo.

Baca Juga :