Mengenal Fitur Teknologi Honda PCX enhanced Smart Power (ESP)

hajar-jahanam.co.id – Kali ini KBY akan berbicara tentang faktor teknologi yang dapat membuat mesin Honda PCX 150 sangat efisien untuk mesin 150 cc skuter. Teknologi apa yang diringkas dalam sistem yang disebut eSP?

Mengapa kita harus mendiskusikan mesin ini untuk PCSP 150 eSP? Karena KBY yakin bahwa itu akan sangat terkait dengan kedatangan Vario 150 di lain waktu, karena sangat mungkin bahwa Vario 150 akan mengambil mesin PCX 150 ini. Kami beroperasi secara berurutan seperti yang diperoleh KBY dari MotorPlus ini, dengan beberapa modifikasi untuk menyesuaikannya dengan Tema PCX .

eSP adalah singkatan dari Enhanced Smart Power, sebuah mesin dengan usia pakai yang lebih lama, fluiditas, dan kinerja lebih tinggi. Konsep ini lahir dari Honda untuk skuter globalnya. Jangan heran jika Honda PCX 150 terbaru menerapkan teknologi ini.

“Ada 10 teknologi utama dalam eSP, dan 10 ini ada di mesin, transmisi dan pendinginan yang lebih baik,” kata Sarwono Edhi, Pengembangan Pelatihan Teknis, PT AHM. Mari kita cari tahu satu per satu.

ACG starter

Yang pertama adalah ACG start-up. Starter dirancang untuk bergabung dengan alternator. Karena tidak ada motor starter dan pengaturan starter, kebisingan saat menghidupkan mesin sangat tenang.

roller rocker

Pada kenyataannya, barbel dengan roller tidak asing. Juga dengan Bambuslaher pada barbel komponen ini diaplikasikan pada helm Supra X 125. Namun, Vario Techno 125 memiliki ukuran roller yang lebih kecil. Jadi lebih ringan dan gesekan berkurang.

Ruang pembakaran kompak dan lubang masuk udara
Kombinasi bore dan stroke Vario Techno 125 sesuai dengan PCX 125. Dengan diameter piston 52,4 mm dan goresan 57,5 ​​mm. Bahan bakarnya adalah 124,8 cc.

Sangat menarik untuk dicatat bagaimana ruang bakar ditingkatkan dengan menghilangkan penghalang masuk bahan bakar. Sebelumnya, jika ada sudut yang menghalangi aliran kabut bahan bakar, sekarang menjadi lebih mudah. “Kami membangun bukit untuk meningkatkan aliran bahan bakar,” kata Endro Sutarno, Instruktur Layanan Teknis untuk PT AHM.

Silinder terhuyung dan lengan berduri

Ini adalah dua hal yang berbeda. Silinder offset adalah posisi piston dan batang piston ketika TMA (pusat mati atas) tidak sejajar dengan posisi poros poros engkol. Keuntungannya jika bisnis lewat atau kompresi, gesekan antara piston dan dinding silinder berkurang. Piston dan batang piston bergerak secara vertikal tanpa terlalu menekan dinding silinder.

Sedangkan pod yang menyengat adalah lapisan yang menyerupai kulit jeruk di belakang sebuah silinder. Fungsinya untuk melepaskan panas lebih cepat. Teknologi ini juga digunakan pada blok silinder Honda CBR 250R.

Piston ringan

Piston baru lebih ringan dari piston Vario sebelumnya. Pin dan selubung pin dibuat lebih kecil dan tidak hanya mengurangi bobot, tetapi juga gesekan antara piston dan dinding silinder. Oh ya, diameter pena tetap sama, yaitu 13 mm.

Kekerasan crankshaft yang lebih besar
“Ini adalah desain poros engkol yang lebih kuat, dan getaran pada kruk berkurang, sehingga mesin berputar,” kata pria ramah ini. Salah satu langkah adalah penggunaan bantalan engkol yang lebih besar.

Struktur ventilasi (carter dan lainnya)
Di belakang blok silinder terletak di sebelah landasan air pendingin dan lubang pendingin. Lubang ini memungkinkan uap panas di mesin mengalir keluar.

“Pada model sebelumnya, panas hanya dihamburkan melalui rantai penghubung.” “Sekarang ada dua mesin yang lebih ringan dan lebih ringan,” kata Endro.

Sistem pendingin cairan terintegrasi

Pendinginan air dari Vario Techno 125 harus lebih baik. Sekarang jalur air tidak hanya di kepala silinder, tetapi juga di belakang dinding silinder.

Selanjutnya, perangkat pendingin memiliki beberapa inti atau sekat. Ada 19 core dalam pendingin baru ini, untuk perbandingan: PCX hanya 12 dan Vario 110 memiliki 14 core.

V-Matic
CVT di Vario Techno 125 benar-benar baru. Dikatakan bahwa rasionya lebih lebar dan dirancang dengan sabuk baru dengan elastisitas karet yang tinggi. Efeknya berlangsung lebih lama dan mengurangi gejala meluncur.

transmisi
Bahkan transmisi di belakang CVT telah mengalami banyak perubahan. Apalagi dengan konstruksi tulang rusuk atau bala bantuan baru, Honda dapat mengurangi jumlah oli untuk membuatnya lebih ringan. Selanjutnya, beberapa bantalan ditambahkan, sehingga transmisi menjadi lebih tenang dan bebas dari getaran.

Bagaimana? Jelas kami melihat mesin 150 cc ini, yang nantinya akan dipasang di Vario 150 … dan kami berharap desainnya juga cantik dan menawarkan peralatan yang super lengkap.

Baca Lainnya:

PENYEBAB PENYAKIT GONDOK DAN CARA MENGOBATINYA

PENGERTIAN FUNGSI BILANGAN BULAT TERBESAR DAN CONTOHNYA